Terjadi Peningkatan Gagal Ginjal Akut pada Anak, Penyebabnya Masih Misterius

Terjadi Peningkatan Gagal Ginjal Akut pada Anak, Penyebabnya Masih Misterius
Dinas Kesehatan Provinsi DKI menyebutkan kasus gagal ginjal akut di Indonesia mengalami kenaikan signifikan pada Agustus 2022. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kasi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI dr. Ngabila Salama, MKM menyebutkan kasus gagal ginjal akut di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada Agustus 2022.

Di DKI Jakarta akumulasi sejak Januari 2022 sampai hari ini (18/10) tercatat 49 kasus gagal ginjal akut.

Menurutnya, yang terbanyak gejala awalnya adalah pada saluran pencernaan.

"Kalau dari 49 kasus yang ditemukan di Jakarta itu gejala awalnya sekitar 40 persen adalah saluran pencernaan artinya bisa nyeri perut, mual, muntah, dan diare. Nah tetapi juga banyak juga yang mengeluhkan batuk pilek saja dan demam," kata dr. Ngabila dalam diskusi secara virtual yang diikuti di Jakarta, Selasa.

Oleh karena itu, dr Ngabila meminta orang tua bisa melakukan deteksi dini dengan berkonsultasi dokter jika terjadi demam dan muntah tidak kunjung sembuh.

"Kalau anak kita itu ada gejala mual muntah, diare disertai demam ataupun disertai batuk pilek, segera bawa ke dokter. Kalau tidak ada perbaikan akan ada pemeriksaan darah," ucapnya

Selain gangguan pencernaan, gejala awal gangguan ginjal yang lain adalah frekuensi buang air kecil (BAK) anak yang berkurang, urinenya lebih sedikit dan lebih pekat, bahkan tidak BAK sama sekali.

Gagal ginjal ini disebabkan gangguan fungsi ginjal yang tidak menyaring racun dengan baik yang harusnya dibuang keluar tubuh melalui urin.

Karena tidak terbuang dengan baik, racun tersebut akan tertimbun di dalam darah dan bisa berbahaya jika masuk ke dalam organ tubuh lainnya seperti otak dan paru-paru.

"Kalau sudah sampai tahap tertentu yang racunnya sudah tidak bisa dikeluarin tubuh dan kadarnya di darah sudah banyak itu membutuhkan hemodialisa atau cuci darah. Kalau sudah kronis harus cuci darah rutin karena kerusakannya sudah permanen. Jika racun sudah menyebar pada tubuh bisa masuk ke otak, penurunan kesadaran bisa meninggal," ucap Ngabila.

Ngabila mengatakan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terus melakukan koordinasi dengan membuat alur tata laksana dan diagnosis jika ditemukan kasus seperti gagal ginjal akut ini.

Kemudian, melalui Dinas Kesehatan Provinsi juga membantu dengan support hasil penyelidikan dari Puskesmas dan dari tenaga kesehatan di lapangan.

"Karena gagal ginjal akut ini masih belum diketahui penyebab pastinya," ungkap dr. Ngabila. (antara/jpnn)

Dinas Kesehatan Provinsi DKI menyebutkan kasus gagal ginjal akut di Indonesia mengalami kenaikan signifikan pada Agustus 2022


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News