Terjebak Seminggu di Terusan Suez, Kapal Sebesar Gedung Pencakar Langit ini Bikin Pusing Pemerintah Mesir

Terjebak Seminggu di Terusan Suez, Kapal Sebesar Gedung Pencakar Langit ini Bikin Pusing Pemerintah Mesir
Kapal Ever Given yang terjebak di Terusan Suez. Foto. EPA/BBC

jpnn.com, MESIR - Otoritas Kanal Suez (SCA) berhasil membebaskan kapal Ever Given dan membuka blokir jalur air menggunakan supermoon king tide setelah para pekerja memindahkan 27.000 meter kubik pasir dari tepian sungai.

Kapal kontainer besar yang memblokir jalur di kanal Suez ini  akhirnya dievakuasi setelah mengganggu jalur perdagangan yang vital di kawasan tersebut.

Upaya terakhir dilakukan otoritas setempat yaitu denganevakuasi memanfaatkan gelombang besar yang dibawa oleh supermoon.

Menurut penyedia layanan maritim Inchcape, Ever Given dievakuasi tim penyelamat pada Senin pagi (29/3), satu minggu setelah kapal sepanjang 1.300 kaki itu kandas dan tersendat dari perdagangan global.

"Ever Given berhasil diputar kembali pada pukul 04:30. Kapal itu sedang diamankan saat ini. Informasi tentang langkah selanjutnya akan mengikuti setelah informasinya diketahui," tulis Inchape pada akunnya di Twitter.

Belum jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka kembali lalu lintas Kanal Suez dan mengurai tumpukan kapal lain yang menunggu untuk transit.

Petugas setempat mengatakan operasi tersebut memanfaatkan gelombang tinggi yang diciptakan oleh bulan purnama untuk mengeluarkan Ever Given yang seukuran gedung pencakar langit dengan berat mencapai 220.000 ton. Kapal ini telah terjepit di jalur air yang vital di Mesir sejak Selasa (23/3).

Upaya penyelamatan dilakukan ketika Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi memberi perintah untuk menyiapkan kemungkinan pemindahan sebagian dari 18.300 kontainer kapal jika upaya pembongkaran gagal.

Otoritas Kanal Suez (SCA) berhasil membebaskan kapal Ever Given dan membuka blokir jalur air menggunakan supermoon king tide.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News