JPNN.com

Terkait Kabut Asap, ILUNI UI Bakal Gelar Konser Kemanusiaan

Jumat, 20 September 2019 – 23:04 WIB Terkait Kabut Asap, ILUNI UI Bakal Gelar Konser Kemanusiaan - JPNN.com
Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menggelar jumpa pers Peduli Asap di Fakultas Kedokteran UI, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (20/9). Foto dok ILUNI UI

jpnn.com, JAKARTA - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) ikut peduli terkait masalah asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dialami beberapa wilayah di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua ILUNI UI, Andre Rahadian dalan konferensi pers Peduli Asap di Fakultas Kedokteran UI, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (20/9)

Andre menyebut kepedulian itu menjadi prioritas utama sebab pihaknya melihat kondisi masyarakat yang telah berbulan-bulan menghirup udara tidak sehat, bahkan terindikasi bahaya.

“ILUNI UI wilayah di daerah-daerah yang terdampak asap seperti Riau, Jambi, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat, sudah mulai bergerak memberikan bantuan kepada masyarakat,” ujar Andre.

Karena itu, dalam waktu dekat ILUNI UI akan mengadakan gerakan sejuta masker dan konser kemanusiaan dengan melibatkan pihak-pihak yang juga peduli pada permasalahan tersebut, di antaranya Komunitas Biduan, Bale Nusa Indonesia, serta masyarakat sipil.

Selain itu, Andre juga menyebut pihaknya juga akan turun langsung memberikan bantuan logistik untuk masyarakat yang terdampak asap dan shelter yang diharapkan bisa membantu sirkulasi udara.

"Kami juga membantu masyarakat. Kami turun untuk berikan bantuan logistik yaitu makanan yang menipis, lalu sejuta masker untuk masyarakat tepian sungai. Kami juga siapkan shelter yang sedang disiapkan dimana dalam shelter akan dibuat sirkulasi udara bersih sehingga bukan cuma kipas angin atau ac," sambungnya.

Meski begitu, ILUNI UI sadar pihaknya tidak akan berjalan baik tanpa dukungan masyarakat. Maka dari itu, maka pihaknya juga berinisiatif untuk mengadakan kembali konser kemanusiaan untuk menarik kesadaran masyarakat tentang bahaya yang sedang dialami warga yang terdampak asap akibat karhutla.

"(Gerakan) sejuta masker untuk beberapa wilayah sedangkan pengumpulan dana, kami akan lakukan pengumpulan lewat media seni dan online. Kita undang para donatur," ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...