Terkontaminasi Limbah B3, Bea Cukai Pulangkan 9 Kontainer Sampah Plastik

Terkontaminasi Limbah B3, Bea Cukai Pulangkan 9 Kontainer Sampah Plastik
Tujuh kontainer sampah plastik yang mengadung B3 telah direekspor ke Prancis dan Hongkong, hari ini. Foto: Bobi/batampos.co.id

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) melakukan eksekusi dengan memulangkan atau reekspor sembilan kontainer sampah plastik ke Australia.

Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan, sampah plastik yang memiliki berat 135 ton itu merupakan hasil penindakan terhadap tiga perusahaan PT HI, PT NHI, dan PT ART. Ketiga perusahaan tersebut merupakan penerima fasilitas kawasan berikat di wilayah Tangerang, Banten.

Menurut dia, pemulangan dilakukan bukan tanpa alasan. Pasalnya, sampah plastik itu tercampur sampah dan limbah B3. “Salah satu dari perusahaan itu mengimpor tanpa dilengkapi dokumen yang dipersyaratkan," kata Heru kepada awak media di Terminal Peti Kemas Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (18/9).

Dalam penindakan ini, Heru mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pemeriksaan hingga penindakan dilakukan di Pelabuhan Tanjung Perak, Batam, Pelabuhan Tanjung Priok, dan Tangerang.

Dari hasil pemeriksaan, didapati 23 kontainer yang terkontaminasi sampah atau limbah B3 serta direkomendasikan untuk dikembalikan ke negara asal. Negara pengimpor sampah yaitu Australia (13 kontainer), Amerika Serikat (7 kontainer), Spanyol (2 kontainer), dan Belgia (1 kontainer).

Menindaklanjuti temuan itu, pemerintah berencana melakukan reekspor secara bertahap. Untuk hari ini akan dilakukan reekspor sembilan kontainer yang terkontaminasi ke negara asal, Australia, dengan menggunakan kapal dari Tanjung Priok.

Menurut Heru, kesembilan kontainer ini akan dikirim ke Australia dan sampai di negara tujuan dalam beberapa waktu. "Otoritasnya (Australia) mesti sinergi bersama. Prinsipnya (sampah plastik) ini harus kembali ke negara asal," sambung dia. (cuy/jpnn)

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) melakukan eksekusi dengan memulangkan atau reekspor sembilan kontainer sampah plastik ke Australia.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News