Terlibat Perkosaan, 12 Perwira Militer Dipecat

Terlibat Perkosaan, 12 Perwira Militer Dipecat
Terlibat Perkosaan, 12 Perwira Militer Dipecat
JURU bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, Anggatan Bersentaja Republik Demokratik Kongo telah memecat 12 perwira senior lantaran terlibat kasus perkosaan. Ini dilakukan menyusul tekanan PBB yang berencana akan memutuskan kerjasama dengan unit-unit yang terlibat dalam 126 kasus pemerkosaan di timur Kota Minova pada November tahun lalu. Saat itu, tentara mundur akibat terdesak serangan pemberontak di negara yang terus bergolak.

"Angkatan Bersenjata Kongo telah memecat komandan dan wakil komandan dari dua unit. Selain itu, komandan dari delapan kesatuan lainnya juga mengalami hal yang sama," kata Kieran Dwyer, Juru Bicara Departemen Penjaga Perdamaian PBB kepada AFP, Kamis (11/4).

Pemerintah Kongo menginformasikan PBB atas tindakan tersebut setelah Misi PBB di negara itu, MONUSCO, memberikan waktu kepada pemerintah selama sepekan sejak 25 Maret untuk menghukum pelaku perkosaan di Minova. Ancaman yang sama sebenarnya sudah disampaikan PBB pada Februari lalu, namun diabaikan.

Kieran Dwyer juga menyebutkan bahwa Pemerintah Kongo juga akan membawa semua mantan perwira itu untuk dihadapkan di persidangan

JURU bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, Anggatan Bersentaja Republik Demokratik Kongo telah memecat 12 perwira senior lantaran terlibat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News