Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta Bakal Jadi Gerbang Pariwisata Indonesia

Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta Bakal Jadi Gerbang Pariwisata Indonesia
Menteri Pariwisata Arief Yahya saat berkunjung ke Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada 26 Juli lalu. Foto: dokumen Kemenpar for Radar Bali/JPG

jpnn.com - JAKARTA – Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang akan resmi beroperasi pada 9 Agustus nanti. PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelila Bandara Soetta memastikan pengoperasian terminal baru sepanjang 2,4 kilometer itu sudah seizin Kementerien Perhubungan.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan mengeuarkan surat bernomor AU.508/1/1/DRJU.DBU-2016, tanggal 2 Agustus 2016 tentang Pengoperasian Terminal 3. Dalam surat dari Ditjen Hubud itu disebutkan bahwa setelah melalui proses verifikasi administrasi, teknis, serta evaluasi simulasi operasi pelayanan dan kesisteman, maka Terminal 3 dinyatakan siap dioperasikan.

Rencananya, Terminal 3 Ultimate akan dioperasikan pada 9 Agustus 2016 pukul 00.01. “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kemenhub untuk mengoperasikan Terminal 3 Ultimate ini,” kata Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II (Persero) Agus Haryadi.

Ia menjelaskan, pada tahap awal maskapai yang akan menggunakan Terminal 3 hanya Garuda Indonesia dan untuk pemerbangan domestil saja. “Internasional masih menunggu kesiapan lengkapnya, jadi masih di Terminal 2,” lanjut Agus.

Oleh karena itu, pihaknya terus akan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Khususnya Garuda Indonesia dan Airnav Indonesia yang akan terus memastikan operasional Terminal 3 berjalan lancar.

“Kami optimistis begitu Terminal 3 beroperasi akan mampu mendukung terminal exsisting (yang sudah ada, red) dalam mengakomodasi pergerakan penumpang sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” harap Agus.

Sedangkan VP Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S Butarbutar mengatakan, perpindahan memang akan dilaksanakan secara bertahap yang diawali dengan rute domestik. Namun, ke depan nanti seluruh penerbangan Garuda baik domestik maupun internasional akan dilayani melalui Terminal 3.

“Dengan perpindahan ini, Garuda berharap para pengguna jasa dapat menikmati peningkatan fasilitas dan standar pelayanan yang kami berikan melalui terminal baru berkapasitas 25 juta penumpang tersebut” tambah Benny.

JAKARTA – Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang akan resmi beroperasi pada 9 Agustus nanti. PT Angkasa Pura II (Persero)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News