Ternyata Ada 3 Ribu ABK Indonesia Bekerja di Kapal Jepang

Ternyata Ada 3 Ribu ABK Indonesia Bekerja di Kapal Jepang
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat melakukan kunjungan kerja ke Tokyo. Foto dok Humas KKP

jpnn.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menghadiri jamuan makan malam dari President Japan Tuna Fisheries Co-operative Association Jun Yamashita, di Tokyo, Selasa (11/4).

Dari pembicaraan tersebut terungkap banyak warga Indonesia yang bekerja pada kapal ikan Jepang.

Yamashita mengungkapkan, ada 3.000 anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal Asosiasi Pengusaha Perikanan Tuna Jepang.

Mereka umumnya bekerja di kapal-kapal yang berlayar ke Samudera Hindia, Fasifik, dan Atlantik.

"Sebanyak 3.000 ABK kami berasal dari Indonesia. Tanpa bantuan mereka, kami tidak bisa menangkap ikan tuna,” ujar Yamashita.

Mengetahui keadaan tersebut, Susi lantas berpesan agar jangan ada perbudakan ABK di kapal-kapal perikanan Jepang, terutama ABK yang berasal dari Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Susi juga menyampaikan tujuan kunjungannya ke Jepang adalah untuk meningkatkan kerja sama Indonesia dan Jepang yang selama ini sudah terjalin cukup baik.

Menurutnya, Indonesia juga membuka kesempatan bagi pengusaha perikanan Jepang untuk berinvestasi di Indonesia.(chi/jpnn)


Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menghadiri jamuan makan malam dari President Japan Tuna Fisheries Co-operative Association


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News