Ternyata Ini Alasan Indonesia Dukung United 2026

Ternyata Ini Alasan Indonesia Dukung United 2026
Plt Ketum PSSI Joko Driyono saat memberikan pemaparannya. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - FIFA telah menetapkan tiga negara yang tergabung dalam United 2026: Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada, sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026.

Indonesia menjadi bagian integral terpilihnya United 2026 setelah dalam kongres FIFA yang digelar di Moskow, Rusia, Rabu (13/6) malam juga memberikan suaranya untuk mereka.

Dalam kongres tersebut sebanyak 211 anggota FIFA diberikan kesempatan untuk menggunakan hak pilih mereka, minus empat negara peserta bidding. Dalam bidding kali ini, United 2026 bersaing dengan Maroko.

United 2026 berhasil menang setelah mendapatkan 134 suara, sementara Maroko hanya meraih 65 suara. Berbeda dengan Piala Dunia tahun ini, pada 2026 ajang tertinggi di sepakbola itu akan diikuti 48 negara.

PSSI Dalam situs resminya menyatakan juga memilih United 2026 dalam kongres kali ini. Pada kongres tersebut PSSI diwakili oleh Plt ketua umum PSSI, Joko Driyono. Menurutnya, ada banyak pertimbangan akhirnya Indonesia memilih United 2026.

"Kami rasa pada 2026 akan menjadi tantangan baru Piala Dunia, dengan jumlah peserta 48 yang sebelumnya 32. FIFA dan seluruh peserta Kongres, penuh kehati-hatian akan hal ini, agar sukses pelaksanaan Piala Dunia terus terjaga," kata Joko dalam laman resmi PSSI.

Pria berkumis tersebut juga mengapresiasi mekanisme baru dalam penentuan tuan rumah Piala Dunia. Kali ini, mekanisme melalui voting, bukan lagi  melalui rapat Exco FIFA yang rawan isu suap. (dkk/jpnn)

FIFA telah menetapkan tiga negara yang tergabung dalam United 2026: Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada, sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News