Ternyata Ini Kunci Perusahaan agar Go Public, Simak Penjelasan BDO Indonesia

Ternyata Ini Kunci Perusahaan agar Go Public, Simak Penjelasan BDO Indonesia
Overview Proses Initial Public Offering (IPO) dari Sisi Audit dan Legal yang digelar BDO bersama ID Clear, KSEI, dan IDX belum lama ini. Foto dok. BDO

jpnn.com, JAKARTA - Laporan keuangan merupakan bagian penting dalam menjalankan bisnis atau usaha, baik itu skala besar ataupun kecil termasuk UMKM, apalagi bagi perusahaan yang akan go public. 

Laporan keuangan akan menggambarkan informasi tentang posisi, perkembangan, kondisi, dan pencapaian usaha yang dilakukan perseroan selama ini.

"Perusahaan membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui proyeksi bisnis di masa depan," kata Tim Audit & Assurance Partner BDO Indonesia Sury Musu dalam kegiatan Overview Proses Initial Public Offering (IPO) dari Sisi Audit dan Legal yang digelar BDO bersama ID Clear, KSEI, dan IDX belum lama ini.

Dari laporan keuangan ini, perusahaan dapat menyusun rencana bisnis dan mengidentifikasi model bisnis yang cocok.

Termasuk ketika akan melakukan proses go public, di mana laporan keuangan akan menjadi salah satu pertimbangan investor untuk menanamkan dananya atau tidak.

"Laporan keuangan yang dimaksud yakni yang telah disesuaikan dengan standar audit, termasuk perpajakan dan kewajiban lainnya, harus clear," terangnya. 

Jika diperlukan, maka perlu segera membentuk komite khusus audit. Sebab, sebelum dan sesudah perusahaan go public, maka mereka harus memberikan laporan keuangan secara berkala. 

Perlunya unsur laporan ini juga mempengaruhi pertimbangan investor untuk melakukan investasi dan juga kemudahan audit tahunan. Semua dilakukan secara terbuka agar proses IPO berjalan dengan lancar. 

BDO Indonesia membeberkan kunci utama bagi perusahaan baik skala kecil, menengah hingga besar untuk go public 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News