Ternyata Sosok Ini yang Menginspirasi Nadiem Makarim Membuat Gebrakan, Jangan Kaget

Ternyata Sosok Ini yang Menginspirasi Nadiem Makarim Membuat Gebrakan, Jangan Kaget
Mendikbudristek Nadiem Makarim menguntungkan sosok yang memberikan inspirasi terbesar baginya dalam membuat program Kemendibudristek. Ilustrasi Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sejak dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) pada 2019, Nadiem Makarim membuat berbagai gebrakan Merdeka Belajar.

Merdeka Belajar ini berepisode-episode sehingga sangat detal dan menyeluruh.

Di balik berbagai program Kemendikbudristek itu, ternyata ada sosok yang menginspirasi menteri milenial lulusan Harvard University itu. Sosok itu adalah para siswa.

Nadiem mengungkapkan pada setiap kunjungan kerjanya, selalu ada waktu untuk mengunjungi sekolah dan berbincang dengan para siswa. Dia menyebut, semangat murid untuk belajar dan meraih cita-cita menjadi inspirasi terbesarnya. 

“Salah satu momentum kunjungan kerja yang paling berkesan bagi saya adalah ketika Bapak Presiden ikut masuk ke dalam kelas untuk berbincang dengan para murid, bahkan memberikan tantangan untuk mereka,” kata Nadiem Makarim, Selasa (17/5).

Semangat dari siswa maupun mahasiswa, kata Nadiem, mendorong lahirnya berbagai terobosan di kementerian.

Dia menyebut salah satunya adalah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menyasar untuk mahasiswa agar terus belajar tidak hanya di dalam kampus, tetapi juga di luar program studi (prodi), bahkan kampus asalnya. 

Mendikbudristek yakin, melalui terobosan ini, para lulusan dari perguruan tinggi akan jauh lebih siap dan terlatih untuk menghadapi tantangan masa depan. 

Mendikbudristek Nadiem Makarim menguntungkan sosok yang memberikan inspirasi terbesar baginya dalam membuat program Kemendibudristek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News