Teroris Sasar 2 Masjid di Selandia Baru, 40 Orang Meninggal Dunia

Teroris Sasar 2 Masjid di Selandia Baru, 40 Orang Meninggal Dunia
Perban berlumur darah dari para korban penembakan di Masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Foto: SNPA

jpnn.com, WELLINGTON - Dua masjid di Christchurch, Selandia Baru menjadi sasaran aksi brutal pelaku bersenjata api, Jumat (15/3). Akibatnya, sejauh ini sudah 40 orang yang dinyatakan meninggal dunia.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacina Ardern menyebut serangan itu merupakan aksi teroris. “Sangat jelas ini bisa digambarkan sebagai serangan teroris,” ujarnya dalam jumpa pers di Wellington.

Ardern menjelaskan, serangan itu terjadi di dua masjid. Serangan di sebuah masjid di Deans Avenue menewaskan 30 orang.

Baca juga:

Pembantai di Masjid Selandia Baru Beraksi Sambil Live di Facebook

Penembakan di Selandia Baru : Ada 6 WNI Sedang Salat Jumat di Masjid

Sementara serangan di masjid yang berlokasi di Linwood Avenue mengakibatkan 10 orang meninggal dunia. Di samping itu ada 20 orang yang dalam kondisi kritis dalam penanganan unit gawat darurat rumah sakit di Christchurch.

Ardern meyakini serangan itu telah direncanakan secara matang. Bahkan, kepolisian Selandia Baru juga menemukan dua bom di mobil milik para tersangka.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacina Ardern menyebut serangan teror atas dua masjid di Christchurch yang menewaskan setidaknya 40 orang itu merupakan aksi terencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News