Terungkap Cara Kerja Pembobolan ATM Modus Tercanggih, Waspadalah!

Terungkap Cara Kerja Pembobolan ATM Modus Tercanggih, Waspadalah!
Pelaku pembobol data nama nasabah di ATM dan langsung terkoneksi online dengan pelaku lain di Tiongkok. Foto: Bali Express/JPG

jpnn.com, BADUNG - Polres Badung, Bali, menangkapseorang warga Rumania pelaku pembobolan ATM bermodus illegal acces.

Pelaku diketahui bernama Alexandru Boarta, 32. Dia melancarkan aksi jahatnya di mesin ATM Bank BRI teras Belayu SPBU Wiros, Banjar Denkayu Baleran, Desa Werdi Buana, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung pada Minggu (10/3) sekitar pukul 14.00.

Dari hasil interogasi petugas kepolisian rupanya modus illegal acces ini sedikit mengalami kemajuan dibandingkan modus yang biasanya digunakan para pelaku asal Bulgaria maupun Rumania lainnya.

Lantaran hidden kamera yang dipasang di mesin ATM langsung online terhubung dengan pelaku yang berada di Tiongkok.

Pelaku mengaku, ketika korbannya menekan tombol angka untuk memasukkan password, maka kamera langsung merekam secara online dengan perangkat pelaku yang berada di Tiongkok tersebut.

BACA JUGA: Tiga Begal Dibekuk, Satunya Perempuan

Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta pada Jumat (22/3) menyampaikan bahwa pelaku ini melakukan tindak pidana skimming sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 30 Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE KUHP.

Modus pelaku dengan mencongkel alat masuk kartu ATM. Lalu menempelkan scanner dan kamera perekam ke alat masuk kartu ATM. Kasus ini kemudian dilaporkan dengan bukti Laporan Polisi Nomor : LP-B/75/III/2019/BALI/RES. BDG, tertanggal 10 Maret 2019.

Polres Badung mengungkap kejahatan skimming atau pembobolan ATM dengan modus tercanggih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News