Terungkap, Jalur Baru Penyelundupan Manusia ke Australia

Terungkap, Jalur Baru Penyelundupan Manusia ke Australia
Terungkap, Jalur Baru Penyelundupan Manusia ke Australia

Kepolisian Papua Nugini menyatakan para penyelundup manusia ke Australia kemungkinan besar kini mengambil jalur baru melalui Selat Torres. Perahu yang dicegat dan ABK-nya diduga disuap oleh petugas Australia untuk kembali ke Indonesia diperkirakan sebenarnya akan menempuh jalur baru tersebut.

Menurut polisi PNG, tiga orang pria asal India telah ditangkap saat akan berangkat dengan perahu dari kota kecil Daru di PNG, yang secara geografis sangat dekat dengan daratan Benua Australia.

Dijelaskan, faktor kedekatan geografis dan ketiadaan penegakan hukum di daerah sekitar Kota Daru membuat penyelundup manusia menjadikannya sebagai titik berangkat baru menuju Australia.

"Daru selama ini merupakan daerah dengan banyak aktivitas ilegal terkait peredaran narkoba dan senjata. Sebab letaknya yang sangat jauh dari jangkauan aparat penegak hukum," kata Komisioner Kepolisian PNG Gari Baki.

Terungkap, Jalur Baru Penyelundupan Manusia ke Australia
Jalur baru penyelundupan manusia ke Australia melalui Daru, Papua Nugini.

 

Antara Kota Daru di PNG dan daratan Australia di bagian ujung utara negara bagian Queensland, terdapat jajaran pulau-pulau kecil di Selat Torres. Dari segi navigasi, hal itu memudahkan pergerakan penyelundup.

Bahkan posisi terdekat yang memisahkan batas garis pantai PNG hanya berjarak sekitar 4 kilometer dengan Pulau Saibai milik Australia.

Kepolisian Papua Nugini menyatakan para penyelundup manusia ke Australia kemungkinan besar kini mengambil jalur baru melalui Selat Torres. Perahu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News