Terungkap, Taktik Kotor Israel Kuasai Lahan Palestina, Libatkan Warga Biasa

Terungkap, Taktik Kotor Israel Kuasai Lahan Palestina, Libatkan Warga Biasa
Pemukiman Israel di Jerusalem Timur. Foto: AFP

jpnn.com, YERUSALEM - Kelompok hak asasi manusia Israel B'Tselem menerbitkan sebuah laporan baru yang menunjukkan bagaimana Israel telah menggunakan kekerasan pemukim terhadap warga Palestina.

Cara itu dipakai untuk menyalahgunakan lebih dari 28.000 lahan pertanian dan padang rumput Tepi Barat yang digarap masyarakat Palestina selama beberapa dekade.

Dalam laporan baru, B'Tselem menunjukkan bahwa kekerasan pemukim digunakan Israel untuk mengusir warga Palestina dari tanah mereka.

Israel selama ini berkilah bahwa kekerasan dilakukan gerakan pemuda fundamentalis yang tidak punya hubungan apa-apa dengan pemerintah.

Laporan tersebut menggambarkan bagaimana kekerasan pemukim memuluskan misi Israel mengambil alih lahan pertanian dan padang rumput yang digunakan komunitas Palestina di lima wilayah: komunitas penggembalaan di Masafer Yatta di Perbukitan Hebron Selatan, di Perbukitan Hebron barat daya dan di Perbukitan Hebron Selatan.

Kemudian Lembah Yordan dan desa-desa di sebelah barat Ramallah dan sebelah barat Nablus.

Menurut laporan itu, negara telah merampas ribuan lahan milik warga Palestina dengan menggunakan kekerasan pemukim Israel.

Di beberapa daerah, perampasan telah dilakukan secara eksplisit oleh militer yang menutup petak-petak tanah atau mengharuskan warga Palestina untuk meminta izin terlebih dahulu untuk mengakses tanah mereka sendiri.

B'Tselem menunjukkan bahwa kekerasan pemukim digunakan Israel untuk mengusir warga Palestina dari tanah mereka

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News