Tes Usap PCR Covid-19 di Aceh Gratis

Tes Usap PCR Covid-19 di Aceh Gratis
Ilustrasi, sejumlah klinik mempromosikan tes swab antigen dan juga PCR. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, ACEH - Satuan Tugas COVID-19 Pemerintah Aceh menyatakan, pemeriksaan sampel usap (swab) polymerase chain reaction (PCR) pada fasilitas kesehatan milik pemerintah di provinsi itu gratis sejak awal pandemi.

"Sejak awal pandemi COVID-19, tes PCR di Aceh tidak dipungut biaya," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Senin (16/8).

Dia menjelaskan fasilitas kesehatan yang melayani tes swab PCR secara gratis seperti di setiap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), dan Balai Litbangkes Kemenkes RI di Aceh.

Untuk pasien yang memiliki gejala klinis, kemudian datang dan dirawat di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh maka akan langsung menjalani pemeriksaan PCR di rumah sakit pelat merah tersebut, tanpa dipungut biaya.

Buat pasien kontak erat COVID-19 dari seluruh RSUD dalam 23 kabupaten/kota di daerah Tanah Rencong itu akan menjalani pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Aceh dan Balitbangkes Kemenkes RI di Aceh.

Pemeriksaan gratis swab PCR juga berlaku bagi setiap pelaku perjalanan dari daerah berjuluk Serambi Mekkah itu.

"Sedangkan bagi pelaku perjalanan pemeriksaan PCR di Labkesda Aceh," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta agar harga maksimal tes PCR untuk mendeteksi COVID-19 adalah sebesar Rp 550 ribu dan hasilnya dapat diketahui maksimal 1x24 jam.

Sejak awal pandemi Covid-19, pemeriksaan sampel usap metode PCR di Aceh tidak dipungut biaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News