Tetap Berpotensi Banjir

Tetap Berpotensi Banjir
Tetap Berpotensi Banjir
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir prakiraan sifat musim hujan 2011/2012. Secara umum, di beberapa zona musim (ZOM) di pulau Jawa sifat hujannya cenderung normal. Artinya, tidak ada peningkatan signifikan dibandingkan musim penghujan periode tahun lalu.

Meskipun secara rata-rata sifat hujan yang bakal mengguyur masuk kategori normal, namun di beberapa ZOM diperkirakan sifat hujan cenderung di bawah normal, hingga di atas normal. Khusus di Provinsi Jawa Timur, BMKG menetapkan terdiri dari 62 ZOM.

Dari seluruh zona tersebut, tidak ada satupun zona yang diperkirakan bakal diguyur hujan dengan sifat di atas rata-rata. Sebaliknya, ada delapan ZOM di Jawa Timur yang bakal diguyur hujan dengan sifat di bawah rata-rata. Sisa zona lainnya diperkirakan diguyur hujan dengan sifat normal.

Keenam ZOM yang diperkirakan diguyur hujan dengan sifat di bawah rata-rata terdapat di Blitar, Malang, dan di Jember bagian barat laut, tengah, dan selatan. "Meskipun hujan diperkirakan bersifat di bawah  normal, tetap ada potensi banjir," jelas Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho.

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir prakiraan sifat musim hujan 2011/2012. Secara umum, di beberapa zona musim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News