Thailand Yakin Yingluck Sembunyi di Negara Timur Tengah Ini

Thailand Yakin Yingluck Sembunyi di Negara Timur Tengah Ini
Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra. Foto: Reuters

jpnn.com, BANGKOK - Di manakah Yingluck Shinawatra berada? Masih simpang siur. Perdana Menteri (PM) Thailand Prayuth Chan-ocha berkeyakinan, Yingluck berada di Dubai.

Tetapi, sebuah sumber di Uni Emirat Arab menyebutkan bahwa mantan PM Negeri Gajah Putih itu sudah terbang ke London pada 11 September.

Prayuth mengungkapkan, dirinya mendapatkan informasi tersebut dari Kementerian Luar Negeri. Karena itu, kepolisian Thailand akan berkoordinasi dengan Interpol untuk memulangkan adik mantan PM Thaksin Shinawatra tersebut.

Sebab, pada Rabu (27/9) lewat persidangan in absensia, Yingluck divonis penjara 5 tahun. Dia dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi subsidi beras yang merugikan negara sekitar USD 8 miliar atau setara dengan Rp 107,98 triliun.

Putusan pengadilan itu membuat Yingluck tak bisa maju dalam pemilu yang rencananya dilaksanakan pada 2018.

’’Pengadilan memastikan semua setara di mata hukum, tidak peduli status mereka, apakah pedagang, orang biasa, atau politikus,’’ ungkap Prayuth, otak di balik kudeta militer Thailand tiga tahun lalu.

Wakil PM Thailand Prawit Wongsuwan juga menguatkan pernyataan Prayuth bahwa Yingluck berada di Dubai. Di sana, Thaksin diketahui memiliki rumah.

Dia juga menjelaskan bahwa UEA dan Thailand tidak memiliki perjanjian ekstradisi. ’’Pejabat di Dubai memberikan informasi kepada Kementerian Luar Negeri kami bahwa mereka akan mengawasi Yingluck dan tidak akan membiarkannya ikut campur dalam politik,’’ terangnya.

Mantan PM Thailand yang juga terpidana kasus korupsi, Yingluck Sinawatra sampai saat ini masih buron

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News