Presiden Jokowi: Tiga Hal Fundamental Ini Kunci Akselerasi Pemulihan di Kawasan IMT-GT

Presiden Jokowi: Tiga Hal Fundamental Ini Kunci Akselerasi Pemulihan di Kawasan IMT-GT
Presiden Jokowi saat menghadiri pertemuan KTT ke-14I IMT-GT yang berlangsung di Phnom Penh, Kamboja, Kamis (10/11). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, PHNOM PENH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan tiga hal fundamental sebagai kunci akselerasi pemulihan di kawasan Indonesia – Malaysia – Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-14I IMT-GT di sela-sela rangkaian KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, Kamis (10/11).

“Perlu dilakukan tiga hal dalam akselerasi pemulihan ekonomi di kawasan, yaitu membangkitkan dan memulihkan sektor pariwisata sub-kawasan, mempercepat pembangunan hard dan soft infrastructure dan mewujudkan ekonomi sub-kawasan yang hijau dan berkelanjutan,” ungkap Presiden Jokowi pada kesempatan tersebut.

Di tengah ketidakpastian global saat ini, KTT IMT-GT tahun ini dianggap krusial.

Para pemimpin negara mengapresiasi upaya kolektif untuk memperkuat kerja sama dan mencatat bahwa selama periode 2014-2021, GDP IMT-GT meningkat sebesar 39 persen, bahkan di masa pandemi.

Presiden Jokowi menekankan tiga hal fundamental yang perlu dilakukan dalam konteks pemulihan pembangunan.

Pertama, membangkitkan sektor pariwisata sub-kawasan.

“Saya kira ini sangat mendesak, karena pariwisata kita turun drastis hingga di atas 90 persen dalam dua tahun terakhir,” jelasnya.

Presiden Jokowi tekankan tiga hal fundamental ini sebagai kunci akselerasi pemulihan di kawasan IMT-GT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News