Tiga Kali Gempa Susulan Sempat Guncang Tasikmalaya

Tiga Kali Gempa Susulan Sempat Guncang Tasikmalaya
Gempa bumi. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Pasca-gempa yang mengguncang kawasan Jawa Barat hingga Jawa Tengah, BMKG menetapkan sejumlah wilayah berstatus waspada dan siaga tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi mengatakan, setelah gempa berkekuatan 6,9 skala richter, kawasan Tasikmalaya berpotensi tsunami.

“Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Jakarta II-III, Bandung III-IV MMI, Depok II-III MMI, Karangkates III-IV MMI, Ngawi II MMI, Madiun II MMI, Nganjuk II MMI, Bandung II MMI, Mataram II MMI, Kebumen III-IV, Yogyakarta III MMI,” kata dia dalam keterangannya, Sabtu (16/12).

Menurut dia, gempa bumi di selatan Jawa ini termasuk dalam klasifikasi berkedalaman menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) sebanyak tiga kali.

“Gempa susulan itu dengan kekuatan terbesar 3,4 SR. Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Tasikmalaya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” tambahnya. (mg1/jpnn)

BMKG sudah mencabut potensi tsunami di perairan Jabar dan Jateng saat terjadi gempa


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News