Tiket KA Ekonomi Naik

Jamin Kipas Angin dan Toilet Bersih

Tiket KA Ekonomi Naik
Tiket KA Ekonomi Naik
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berjanji akan meningkatkan pelayanannya kepada penumpang kelas ekonomi. Pasalnya, mulai hari ini, 8 Januari 2011, PT KAI menaikkan tarif kereta api kelas ekonomi dengan besaran antara Rp 500 hingga Rp 8.500 tergantung jarak tempuhnya.

Menurut Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito, penyesuaian tarif baru KA ekonomi ini berlaku untuk kereta api jarak jauh, jarak sedang, jarak dekat, KRL (kereta rel listrik), dan KRD (kereta rel diesel (KRD). "Besar kenaikan tarif bervariasi, mulai dari Rp 500 sampai dengan Rp 8.500," ujarnya dalam konferensi pers di Gedung JRC (Jakarta Railway Center) Stasiun Juanda kemarin.

Wimbo menambahkan, penyesuaian tarif ini perlu dilakukan untuk menutupi biaya operasional PT KAI yang selama ini tidak terpenuhi oleh dana public service obligation (PSO). Menurutnya, penaikan tarif ekonomi ini baru pertama kali dilakukan selama delapan tahun terakhir. "Sejak 2002, kami tidak pernah menaikkan tarif KA ekonomi, padahal biaya operasional dan perawatan PT KAI terus meningkat," tuturnya.

Wimbo menjanjikan, dana dari kenaikan tarif nantinya untuk memperbaiki fasilitas seperti kipas angin, lampu bordes dan penumpang, kebersihan toilet, dan fasilitas keselamatan seperti alat pemadam api ringan. "Selain itu ada restorasi untuk KA jarak jauh dan sedang," lanjutnya.

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berjanji akan meningkatkan pelayanannya kepada penumpang kelas ekonomi. Pasalnya, mulai hari ini, 8 Januari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News