Tim Laos Catat Sejarah

Tahan Imbang Thailand 2-2

Tim Laos Catat Sejarah
TEGANG : Pemain Laos Lamnao Singto saat berebut bola dengan pemain Thailand Chonlatit Jantakam. FOTO :CHARLIE.LOPULUA/INDOPOS
JAKARTA - Laos membuat kejutan di laga pembuka Piala AFF 2010 grup A. Tim yang lolos dari babak kualifikasi itu berhasil menahan seri salah satu favorit juara, Thailand, dengan skor 2-2 (0-0). Gol Laos dicetak Konekham Inthammavong pada menit ke-54 Kanlaya Sysomvang menit ke-82. Thailand melalui Sarayoot Chaikamdee Chaikamdee menit ke-67 dan injury time babak kedua.

Meski hanya seri, hasil ini tetap fantastis sekaligus sejarah bagi Laos. Ini adalah kali pertama negara tersebut mengambil poin dari Thailand dalam 35 tahun terakhir. Sebelumnya, Laos selalu kalah. Pada Piala AFF 2008, Laos keok 0-6. Sedangkan pada turnamen yang sama edisi 2002, Laos takluk 1-5.

Sejak kick off, kedua tim tampil dalam tempo pelan. Thailand, yang diprediksi bakal dengan mudah mengalahkan Laos, kesulitan menembus barisan pertahanan lawan yang tampil sangat disiplin. Sedangkan Laos, yang tampil tenang, sesekali memeragakan serangan balik. Tapi masih bisa diantisipasi barisan pertahanan Thailand." Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Di babak kedua, kedua tim sama-sama berambisi memecah kebuntuan membuat tensi pertandingan sedikit naik. Laos sukses mengejutkan pertahanan Thailand dengan mencetak gol pertama pada menit ke-54 lewat heading gelandang Konekham Inthammavong memanfaatkan umpan tendangan bebas Lamnao Singto.

JAKARTA - Laos membuat kejutan di laga pembuka Piala AFF 2010 grup A. Tim yang lolos dari babak kualifikasi itu berhasil menahan seri salah satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News