Timnas Indonesia U-19 0 vs 0 Makedonia Utara: Bukti Garuda Muda Belum Fokus Soal Penyelesaian Akhir

Timnas Indonesia U-19 0 vs 0 Makedonia Utara: Bukti Garuda Muda Belum Fokus Soal Penyelesaian Akhir
Shin Tae Yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia U-19. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 hanya bermain imbang 0-0 lawan Makedonia Utara dalam uji coba jilid II di Stadion NK Uskok Klis, Split, Kroasia, pada Rabu (14/10) malam.

Hasil laga ini seakaan menjadi bukti pernyataan Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong yang menyebut skuadnya belum fokus dalam penyelesaiaan akhir. 

Bukan hanya kurang dalam finishing, pemain Garuda Muda itu juga gagal tampil sangat dominan seperti laga pertama melawan Makedonia Utara pada Minggu (11/10) lalu. Di pertemuan pertama, Indonesia menang dengan skor telak 4-1.

Laga nirgol ini pun tak sesuai harapan Shin Tae Yong. Pasalnya, sebelum laga dia telah meminta pemainnya untuk fokus dan memperbaiki penyelesaian akhir. Komentar itu diucapkannya di situs PSSI, sehari jelang laga.

"Pemain besok harus lebih fokus terutama saat penyelesaian akhir. Selain itu, lini tengah harus lebih kreatif dan cepat saat membantu bertahan serta penyerangan," kata Shin Tae Yong, kemarin. 

Nyatanya, apa yang diingatkan Shin Tae Yong tak bisa dipenuhi pemain. Peluang bagi Timnas Indonesia U-19 sejatinya ada empat yang kalau lebih sabar dan tenang, bisa berujung gol. Pertama saat Irfan Jauhari melepaskan tendangan, tetapi masih bisa diamankan kiper lawan.

Kemudian, kesmepatan lain, saat sepakan M Bahril mengenai tiang gawang. Padahal, dia sudah dalam posisi matang untuk melepaskan tendangan yang lebih terukur. Dan terakhir, saat Jack Brown berhasil melakukan penetrasi dan berhadapan dengan kiper.

Dia memilih menyepak bola langsung ke gawang, dibandingkan menyodorkan cutback ke rekannya yang berdiri bebas. Alhasil, bola bisa ditepis oleh kiper Makedonia Utara dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Peringatan Shin Tae Yong agar pemain-pemainnya memperbaiki penyelesaian akhir tak bisa dipenuhi saat lawan Makedonia Utara, Rabu (14/10) malam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News