Tindaklanjuti Arahan Jokowi, Mentan Tinjau DAS Citarum Pastikan Pertanian Terus Berproduksi

Tindaklanjuti Arahan Jokowi, Mentan Tinjau DAS Citarum Pastikan Pertanian Terus Berproduksi
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau kondisi air di kawasan pertanian DAS Citarum Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (13/8). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, BANDUNG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meninjau kondisi air di kawasan pertanian DAS Citarum Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Peninjauan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memastikan sektor pertanian terus berproduksi di tengah cuaca ekstrem El Nino yang diperkirakan berlangsung lama.

"Kementerian Pertanian terus bergerak memastikan lahan pertanian di seluruh Indonesia, terutama di daerah Bandung ini terairi dengan baik dari sumber-sumber yang ada. Salah satunya dari DAS Citarum," kata Mentan SYL, Minggu (13/8).

Mentan SYL berharap petani mampu mempercepat pola tanam dengan menggunakan benih unggul toleran kering serta menggunakan teknologi mekanisasi sebagai upaya bersama dalam menguatkan produksi dalam negeri.

Diketahui, pemerintah juga memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai akses permodalan usaha tani bagi para petani.

Dia juga akan dorong terus gerakan nasional percepatan tanam dengan menggunakan benih unggul, teknologi dan bantuan akses KUR bagi pelaku usaha tani.

"Kami yakin Indonesia mampu melalui El Nino secara baik," tegas Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Ali Jamil menambahkan Gerakan Nasional Penanganan El Nino ini akan difokuskan pada lahan potensial, seperti area peningkatan indeks pertanaman dengan menggunakan teknologi mekanisasi.

Mentan SYL menegaskan Kementan terus bergerak untuk memastikan sektor pertanian tetap berproduksi di tengah cuaca ekstrem El Nino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News