Tingkat Kebahagiaan Warga DKI Jakarta Melorot, Ini Fakta dari BPS

Tingkat Kebahagiaan Warga DKI Jakarta Melorot, Ini Fakta dari BPS
DKI Jakarta menempati urutan 27 atau nomor 8 dari bawah dalam daftar Indeks Kebahagiaan 2021 versi BPS. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) menilai kebahagiaan warga DKI Jakarta menurun.

Berdasarkan survei terbaru DKI Jakarta menempati urutan 27 atau nomor 8 dari bawah dalam daftar Indeks Kebahagiaan 2021.

Selain warga DKI Jakarta, provinsi lainnya yang menduduki jajaran bawah dalam Indeks Kebahagiaan adalah Sumatera Barat, Aceh, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Papua, Bengkulu, dan Banten.

Lalu, apa indikatornya?

Dikutip dari situs resmi bps.go.id, Indeks Kebahagiaan disusun dari 19 indikator pendukung, yakni kepuasan pendidikan dan keterampilan, pekerjaan atau usaha atau kegiatan utama, pendapatan rumah tangga, kesehatan, kondisi rumah, dan fasilitas rumah. 

Indikator dengan capaian tertinggi pada subdimensi ini terdapat pada kepuasan akan kesehatan, sebesar 76,28 pada skala 0-100. 

Lalu ada pula indikator kepuasan berdasarkan keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, keadaan lingkungan, dan kondisi keamanan.

Indikator keharmonisan keluarga merupakan indikator dengan capaian tertinggi (82,56) dibanding dengan keseluruhan indikator penyusun Indeks Kebahagiaan.

DKI Jakarta menempati urutan 27 atau nomor 8 dari bawah dalam daftar Indeks Kebahagiaan 2021 versi BPS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News