Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir, Pemkab Tangerang Bangun Kawasan Akuakultur

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir, Pemkab Tangerang Bangun Kawasan Akuakultur
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat meresmikan Gerbang Mapan Aquaculture Ketapang Mauk. Foto Humas Pemkab Tangerang

jpnn.com, TANGERANG - Pemerintah Kabupaten Tangerang terus berupaya menaikkan taraf hidup masyarakat pesisir. Salah satunya melalui pengembangan kawasan, bantuan pembibitan dan juga konservasi mangrove. 

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan kawasan mangrove ini bila dikembangkan secara serius akan menjadi ekowisata yang membantu perekonomian masyarakat di sekitarnya. Bukan saja untuk penataan kawasan permukiman yang dibangun dengan sanitasinya, tetapi juga perekonomian masyarakat termasuk konservasi lingkungan.

"Program unggulan tersebut dikemas dalam gerakan membangun masyarakat pantai (Gerbang Mapan)," kata Bupati Zaki Iskandar dalam siaran persnya, Sabtu (16/10).

Program itu termasuk juga bantuan penyemaian, pembibitan dan budi daya dari magrove-magrove yang ada, begitu juga dengan tambak ikan dan udang. Nantinya mereka bisa menjadi seperti kawasan Aquaculture atau Akuakultur.

Dia melanjutkan tahun depan akan ada pembangunan pusat-pusat perekonomian selain kawasan perumahan dan pemukiman. Yakni pembangunan pasar ikan, tempat kuliner dan koperasi yang sudah berjalan akan dikembangkan.

"Mudah-mudahan ini menjadi percontohan dari program Gerbang Mapan yang seutuhnya," ucapnya.

Di Gerbang Mapan Aquaculture Ketapang Mauk, terangnya masyarakatnya lebih diberdayakan. Selain itu dibangun rumah layak huni bagi nelayan dan warga sekitar. Juga kawasan konservasi hutan mangrove, kawasan pembibitan dan budi daya udang vaname maupun ikan, kawasan wisata. 

"Jadi, masyarakat bisa memanfaatkan banyak dari pembangunan di Ketapang ini," kata Zaki.

Pemkab Tangerang meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah pesisir melalui pembangunan kawasan akuakultur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News