Tingkatkan Kompetensi Guru TIK di Daerah 3T, Kemendikbudristek & Kemenkominfo Berkolaborasi 

Tingkatkan Kompetensi Guru TIK di Daerah 3T, Kemendikbudristek & Kemenkominfo Berkolaborasi 
Peningkatan kompetensi guru TIK di daerah 3T menjadi target Kemendikbudristek dan Kemenkominfo. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan juga tanah air menjadi pengalaman berharga bagi pelaku di sektor pendidikan. Hal itu karena pelaksanaan belajar mengajar dilaksanakan secara jarak jauh atau daring. 

Dibutuhkan kompetensi yang memadai dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi para pendidik, agar bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik. 

"Peningkatan kompetensi guru TIK sangat dibutuhkan dalam menunjang layanan pendidikan di era digital," kata Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kepulauan Riau, Imam Edi Priyanto, Sabtu (3/9).

Untuk itu, Kemenkominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI Kominfo) berkolaborasi dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusdatin Kemendikbudristek) menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru di Wilayah 3T” di Kota Batam.

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring pada 23-26 Agustus itu dihadiri 100 guru di Kota Batam. Para guru juga mendapatkan bekal literasi digital yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru TIK di bidang digital guna menunjang layanan pendidikan di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Imam menambahkan selain menggunakan metode belajar konvensional, setiap guru juga harus menguasai metode belajar berbasis teknologi digital. Cara tersebut dinilai bakal turut membantu meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

“Kombinasi kedua metode belajar ini penting untuk meningkatkan kemampuan adaptasi dunia pendidikan terhadap perkembangan zaman, khususnya di tengah maraknya era perkembangan TIK yang bisa mendukung kebutuhan para guru dan siswa,” kata Imam.

Sementara itu, Head of Partnership Division Siberkreasi, Oktora Irahadi menekankan hal-hal yang harus dimiliki para guru TIK sebagai modal utama mengajar. 

Peningkatan kompetensi guru TIK di daerah 3T menjadi target Kemendikbudristek dan Kemenkominfo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News