Tingkatkan Kualitas Layanan, Taspen Luncurkan Aplikasi TDES

Tingkatkan Kualitas Layanan, Taspen Luncurkan Aplikasi TDES
Peluncuran aplikasi TASPEN Digital Enterprise Services (TDES) pada tanggal 20 Mei 2021 yang bertempat di Kantor Pusat TASPEN, Cempaka Putih. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau PT TASPEN (Persero) meluncurkan Aplikasi TASPEN Digital Enterprise Services (TDES) pada tanggal 20 Mei 2021 yang bertempat di Kantor Pusat TASPEN, Cempaka Putih. Acara Go Live ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh seluruh insan TASPEN dengan tujuan untuk memperkenalkan TDES sebagai sebuah core system application yang mampu meningkatkan performa dan keamanan sistem, fleksibilitas dalam integrasi dengan third party serta menghilangkan redundancy proses dan data.

A.N.S Kosasih selaku Direktur Utama PT TASPEN (Persero) menjelaskan, “Taspen Digital Enterprise Services (TDES) merupakan Core System Application berskala Enterprise yang dapat mengakomodir operasional proses bisnis perusahaan pada fungsi Enterprise Data Management, serta Layanan Pemasaran dan Keuangan yang terintegrasi, high performance, reliable dan secure untuk meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik kepada peserta.”

“Latar belakang dari diciptakannya TDES didasari oleh satu dari 5 (lima) Prioritas Kementerian BUMN, yaitu Kepemimpinan Teknologi; Memimpin secara global dalam teknologi strategis dan melembagakan kapabilitas digital seperti data management, advanced management, big data, dan artificial intelegence. Hal ini kemudian mampu memberikan gambaran nyata bahwa TASPEN tetap mampu beradaptasi dan bersikap agile di tengah kondisi pandemi serta kemajuan teknologi dengan terus menciptakan inovasi agar tetap mampu bertahan menjadi yang terbaik dan handal,” tambah Kosasih

TASPEN Digital Enterprise Services memiliki keunggulan antara lain (1) Response time yang cepat, (2) Tidak perlu update berkala, (3) User friendly, interface dan navigasi menu mudah dimengerti, (4) Web-based, (5) Validitas dan akurasi data terjaga, (6) Real-time/online antara TDES dan SAP, (7) Seluruh modul Keuangan beralih ke SAP, (8) Percepatan Create Dapem (Daftar Pembayaran Pensiun) dari 10 jam ke 10 menit, dan (9) Percepatan Upload Data Gaji ASN Aktif dari 515 Pemda yang semula 15 menit menjadi 5 menit.

“Melalui Aplikasi TDES maka pengerjaan klaim akan lebih singkat karena response time cepat dan navigasi menu yang mudah ditambah dengan penggunaan web-based application yang akan membantu pekerjaan menjadi lebih fleksibel. Selain itu, TDES juga telah mengikuti perubahan regulasi dari stakeholder, yaitu rencana Reformasi Jaminan Penisun dan Jaminan Hari Tua,” pungkas Kosasih.

Selain TDES, TASPEN juga memiliki program layanan berbasis digital untuk memudahkan peserta dalam mengajukan klaim dengan Layanan TASPEN PESONA (TASPEN Tangap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona) yang dapat diakses melalui layanan e-klim TASPEN, TASPEN Care dan TASPEN Otentikasi.

TASPEN sebagai Pengelola Jaminan Sosial Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Negara konsisten dalam melakukan layanan pro aktif kepada para peserta. Dengan didukung oleh berbagai inovasi, TASPEN semakin cepat dan tanggap dalam memberikan layanan yang andal.

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi laman website official www.taspen.co.id, dan media sosial Facebook @taspen, Twitter @taspen, dan Instagram @taspen.kita. (ant/dil/jpnn)

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau PT TASPEN (Persero) meluncurkan Aplikasi TASPEN Digital Enterprise Services (TDES) pada tanggal 20 Mei 2021


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News