Tingkatkan Populasi Ternak, Mentan Amran Pacu Produktivitas Semen Beku

Tingkatkan Populasi Ternak, Mentan Amran Pacu Produktivitas Semen Beku
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman terus mendorong peningkatan produktivitas semen beku ternak. Foto: dok Kementan

jpnn.com, MALANG - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman terus mendorong peningkatan produktivitas semen beku ternak, sehingga populasinya Indonesia dan susu semakin bertambah hingga mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Mentan Amran seusai melakukan kunjungan kerja ke Badan Layanan Umum Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari, Malang, Jawa Timur.

Dia juga meninjau pejantan-pejantan unggul Sapi dan Kambing pilihan dan bersertifikat yang dioptimalkan spermanya menjadi semen beku guna peningkatan produktivitas ternak milik rakyat melalui pelaksaan Inseminasi Buatan (IB).

“Kami minta BBIB Singosari ini untuk dapat meningkatkan produksi semen bekunya, agar bisa dimanfaatkan peternak-peternak seluruh Indonesia. Sehingga populasi meningkat dan mendorong produksi daging dan susu di Indonesia. Kami lihat ada potensi besar disini,“ kata Amran pada kunjunganya tersebut, Kamis (23/11).

Dia menambahkan hewan ternak unggulan BBIB Singosari seperti limousin, simental, termasuk juga icon BBIB Singosari, Gatotkaca, dari bangsa Belgian Blue dan juga melihat proses penampungan semen segar.

Karena itu, dia mendorong BBIB Singosari untuk terus mengembangkan sapi unggulan seperti Belgian Blue.

"BBIB Singosari memiliki beberapa ekor Sapi Belgian Blue, sapi ini memiliki keunggulan pertumbuhan dagingnya yang luar biasa. BBIB Singosari telah memproduksi Semen Beku Belgian Blue, salah satu Sapi Belgian Blue yang paling diminati adalah Gatotkaca," sebut Amran.

Diketahui, BBIB Singosari sampai November 2023 telah memproduksi sebanyak 3.091.065 dosis Semen Beku, dan mendistribusikannya ke seluruh Indonesia sebanyak 2.915.000 dosis.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman terus mendorong peningkatan produktivitas semen beku ternak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News