Senin, 19 Agustus 2019 – 21:01 WIB

Tinjau Hari Pertama Sekolah, Mendikbud Minta Terapkan Sistem Kakak dan Adik Asuh di PLS

Senin, 15 Juli 2019 – 23:21 WIB
Tinjau Hari Pertama Sekolah, Mendikbud Minta Terapkan Sistem Kakak dan Adik Asuh di PLS - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meninjau langsung kegiatan hari pertama masuk sekolah.

Ada empat sekolah yang dikunjungi Mendikbud. Masing-masing SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan, SD Negeri 3 Kabupaten Tangerang, SMA Negeri 13 Kabupaten Tangerang, dan lembaga pendidikan Permata Insani Islamic School Kabupaten Tangerang.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Muhadjir meminta seluruh pelaku pendidikan (sekolah, keluarga, dan masyarakat) untuk menjadikan sekolah sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi siswa. Khususnya bagi siswa baru yang memasuki masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS).

BACA JUGA: Sekjen PAN Puji Pidato Jokowi Soal Reformasi Birokrasi

“Saya ingin pastikan pada masa pengenalan lingkungan sekolah telah dipersiapkan dengan baik oleh pihak sekolah. Saya berharap kepala sekolah, guru, kakak kelas, orang tua, dan masyarakat di sekitar lingkungan sekolah menjadikan sekolah sebagai tempat yang aman, nyaman, dan menggembirakan bagi para siswa, khususnya para siswa baru yang memasuki masa pengenalan lingkungan sekolah,” tuturnya, Senin. (15/7).

Dia menambahkan, guru harus betul-betul mencermati setiap peserta didiknya. Jangan sampai memiliki pandangan negatif terhadap anak didiknya, karena setiap anak memiliki keunikan dan keistimewaan masing-masing.

BACA JUGA: Uang Polwan Hilang di Bagasi Pesawat, Ya Begini Jadinya

Pada masa PLS bagi siswa baru, Menteri Muhadjir juga mengimbau kepada sekolah untuk menerapkan sistem Kakak Asuh dan Adik Asuh yang telah diterapkan di SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan. “Saya berharap kakak-kakak kelasnya dapat menjaga dengan baik dan memberikan perlindungan kepada adik-adik kelasnya. Tugas kakak asuh melindungi, mengarahkan, dan mengawasi. Jauhkan segala tindak kekerasan di sekolah,” pesannya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar