Tinjau Kawasan Banjir Rob di Pantura, Menko Airlangga Siapkan Strategi Ini

Tinjau Kawasan Banjir Rob di Pantura, Menko Airlangga Siapkan Strategi Ini
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau langsung kawasan banjir rob di Indramayu. Kemenko Perekonomian

jpnn.com, INDRAMAYU - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau langsung kawasan banjir rob di kawasan pesisir Pantai Utara (Pantura) Jawa, yakni di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur Indramayu, Rabu (24/1).

Dia menyebut kunjungan itu untuk mengatasi masalah dan mencari solusi agar banjir rob agar tidak terulang kembali

“Kami mengunjungi bendungan-bendungan yang dibangun oleh Kementerian PUPR di desa Eretan untuk menanggulangi akibat banjir rob. Kami lihat di dalam perjalanan ada beberapa rumah yang tidak ditinggali dan ada yang ditinggali," Menko Airlangga.

"Oleh karena itu Pemerintah membangun bendungan sekaligus ke depannya membentuk polder-polder agar air yang masuk bisa disedot keluar,” sambungnya.

Dalam memitigasi risiko bencana di sepanjang pesisir Pantura Jawa tersebut, pemerintah terus berupaya melakukan intervensi melalui sejumlah kebijakan strategis yang komprehensif.

Salah satu kebijakan tersebut, yakni dengan pembangunan tanggul pengaman pantai dan sungai serta pembangunan sistem polder dan pompa di wilayah utara Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang juga menjadi salah satu bagian dari Proyek Strategis Nasional.

Pemerintah melakukan pembangunan Major Project Pengaman Pesisir 5 Perkotaan Pantura Jawa, yakni Jabodetabek, Cirebon Raya, Kedungsepur, Petanglong, dan Gerbangkertosusila.

Pemerintah melalui penyediaan akses air minum perpipaan, pemantauan penurunan tanah dan kualitas air, pembangunan tanggul pantai, serta pengolahan air limbah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau langsung kawasan banjir rob di Indramayu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News