JPNN.com

Tinjau Sumut Sport Center, Menpora RI Tekankan Pemeliharaan Setelah PON XXI 2024

Sabtu, 21 November 2020 – 13:34 WIB
Tinjau Sumut Sport Center, Menpora RI Tekankan Pemeliharaan Setelah PON XXI 2024 - JPNN.com
Menpora Zainuddin Amali (kiri) saat meninjau Sumut Sport Center. Foto: Humas Kemenpora.

jpnn.com, MEDAN - Menpora RI Zainudin Amali berharap pembangunan venue di Sumatera Utara (Sumut) Sport Center untuk Pekan Olahraga Nasional ke XXI tahun 2024 memperhatikan segi pemeliharaan pasca-penyelenggaraan PON.

Amali mengapresiasi semangat yang ditunjukkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut membangun venue untuk PON 2024 tersebut.

"Kemenpora RI mengapresiasi apa yang disiapkan dengan sungguh-sungguh oleh Pemprov Sumut dan sekaligus antisispasi pemeliharaan pasca-PON-nya sudah disiapkan juga," ujar Menpora Amali saat meninjau pembangunan Sumut Sport Center di Desa Sena, Batang Kuis, Deli Serdang, Sumut, Jumat (20/11) sore. 

Sehari sebelumnya Menpora Amali juga telah menyerahkan Surat Keputusan (SK) Tuan Rumah PON XXI/2024 untuk Aceh dan Sumut. 

Sebagaimana diketahui pasca-PON dilaksanakan di beberapa daerah, satu masalah yang kerap muncul adalah pemeliharaan fasilitas.

Banyak fasilitas yang sudah dibiayai triliunan rupiah dari APBD dan APBN kurang terurus dengan baik.

Menurut Amali, karena pembiayaan maintenance ini mahal, daerah dituntut memiliki inovasi dan kreasi untuk membiayai itu supaya tetap hidup.

"Di beberapa tempat banyak terlantar venue dan penginapan atlet yang sebelumnya digunakan untuk PON, selanjutnya menjadi beban daerah. Saya ingatkan Pemprov Sumut dan Aceh agar diantasipasi dan disiapkan lebih awal," ujar Menpora Amali menekankan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
boy