Tiongkok Inves Rp 35 Triliun

Kantongi 8 Kontrak di Sektor Energi

Tiongkok Inves Rp 35 Triliun
Foto : SETWAPRES
JAKARTA - Krisis finansial global tak menghambat rencana Tiongkok berinvestasi di sektor energi di Indonesia. Pemodal asal Tiongkok kemarin meneken delapan kontrak senilai Rp 35,1 triliun di bidang eksplorasi migas, pembangkit listrik, bioenergi, pertambangan dan pembelian batu bara, serta penjualan listrik. Kontrak ditandatangani di sela-sela Forum Energi Indonesia-Tiongkok Ke-3 di Jakarta.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menyaksikan penandatanganan delapan kontrak tersebut. ”Tiongkok menunjukkan contoh visi yang baik. Justru di saat krisis, kita harus lebih giat berinvestasi di sektor energi dan infrastruktur yang berjangka panjang. Lima tahun lagi, ketika ekonomi dunia pulih, mereka akan menjadi pemain utama,” ujar Jusuf Kalla di Jakarta Convention Center, Senin (22/12).

Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro mengakui, tak semua investasi tersebut akan masuk tahun depan. Sebab, sebagian merupakan kontrak jangka panjang. Meski demikian, dia yakin investasi Rp 35 triliun tersebut mampu membuka lapangan kerja hingga 32 ribu orang.

Sebelumnya, Tiongkok menandatangani nota kesepahaman untuk menjadikan Indonesia sebagai nasabah khusus kredit dari Exim Bank of China. Penekenan nota kesepahaman bertajuk Special Buyer Credit Facility tersebut dilakukan di Istana Wakil Presiden. ”Indonesia dan Tiongkok sepakat melawan krisis keuangan dengan meningkatkan kerja sama teknis. Dengan kerja sama ini, dua negara akan lebih kuat menghadapi krisis keuangan global,” tegas Li Keqiang.

JAKARTA - Krisis finansial global tak menghambat rencana Tiongkok berinvestasi di sektor energi di Indonesia. Pemodal asal Tiongkok kemarin meneken

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News