Tiongkok Memerintahkan Apple Menghapus WhatsApp dan Threads dari App Store

Tiongkok Memerintahkan Apple Menghapus WhatsApp dan Threads dari App Store
Logo Apple. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Apple menghapus aplikasi WhatsApp dari App Store mereka di Tiongkok, menyusul perintah pemerintah dengan alasan masalah keamanan nasional.

Aplikasi jejaring sosial berbasis teks mirip Twitter milik Meta, Threads, juga telah ditarik dari App Store dengan alasan yang sama.

“Administrasi Dunia Maya China memerintahkan penghapusan aplikasi-aplikasi ini dari etalase China berdasarkan masalah keamanan nasional mereka,” kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Meta mengonfirmasi bahwa kedua aplikasinya tidak lagi tersedia di App Store Apple di China, tetapi menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang penghapusan tersebut.

“Kami merujuk Anda ke Apple untuk memberikan komentar,” kata juru bicara Meta kepada TechCrunch.

TechCrunch juga menghubungi Apple dengan pertanyaan tentang penghapusan tersebut tetapi hingga berita ini dimuat, pembuat iPhone belum memberikan tanggapan.

Menurut Reuters, dua aplikasi perpesanan lainnya juga telah dihapus dari App Store Apple di China, yaitu Signal dan Telegram.

Mereka mengutip data dari perusahaan pelacakan aplikasi Qimai dan AppMagic untuk elemen laporannya.

Apple menghapus aplikasi WhatsApp dari App Store mereka di Tiongkok, menyusul perintah pemerintah dengan alasan masalah keamanan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News