Tiongkok Rampungkan Jembatan Lintas Laut Terpanjang di Dunia

Tiongkok Rampungkan Jembatan Lintas Laut Terpanjang di Dunia
Jembatan lintas laut sepanjang 55 km yang menghubungkan daratan Tiongkok-Hong Kong-Macau diresmikan Presiden Xi Jinping, Selasa (23/10). Foto: Bloomberg

jpnn.com, HONG KONG - Tiongkok, Hongkong, dan Makau kini terhubung. Kemarin, Selasa (23/10) Presiden Xi Jinping meresmikan jembatan yang menghubungkan tiga wilayah tersebut. Itu sekaligus menjadi jembatan lintas laut terpanjang di dunia.

Seharusnya, jembatan yang dibangun pada 2009 tersebut diresmikan pada 2016. Namun, proyek ambisius Xi itu sempat beberapa kali tersendat.

Baru tahun ini pembangunan jembatan yang mengakibatkan 18 pekerja tewas tersebut rampung. Xi meresmikannya dalam upacara meriah di Kota Zhuhai kemarin.

''Proyek ini dirancang langsung oleh Presiden (Xi). Kini Guangdong, Hongkong, dan Makau punya peluang untuk tumbuh maksimal,'' ucap Sekjen Partai Komunis Provinsi Guangdong Li Xi kepada South China Morning Post.

Jembatan yang memangkas waktu tempuh Tiongkok ke Makau sampai 90 menit itu bakal menjadi jalur perdagangan paling ramai Negeri Panda. (bil/c20/hep)


Tiongkok, Hongkong, dan Makau kini terhubung. Kemarin, Selasa (23/10) Presiden Xi Jinping meresmikan jembatan yang menghubungkan tiga wilayah tersebut


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News