Tip Merawat Vespa Selama PPKM Darurat

Tip Merawat Vespa Selama PPKM Darurat
Vespa 946 Dior. Foto: Vespa

jpnn.com, JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa – Bali, bukan berarti jadi alasan bagi para pemilik kendaraan untuk malas merawat Vespa matik kesayangannya.

Kepala Bengkel Scooter VIP Surabaya, M Fatchur Rohman membagikan sembilan langkah mudah merawat skuter matik secara mandiri.

"Perawatan skuter modern Vespa matik sebenarnya memerlukan perawatan yang jauh lebih mudah dilakukan saat berada di rumah," kata Fatchur Rohman dalam keterangan resminya, Kamis (15/7).

Pertama, pemilik diharuskan untuk membersihkan seluruh bagian bodi kendaraan saat tidak digunakan dan disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama, lalu pemilik juga harus memberikan sarung pada bagian jok agar tidak berdebu saat nanti digunakan.

Langkah selanjutnya, sebelum didiamkan dalam jangka waktu yang lama, pemilik disarankan untuk mengisi penuh bahan bakar kendaraan.

Selanjutnya dongkrak roda depan agar tidak menyentuh lantai seperti roda belakang saat standar tengah untuk menghindari ban menjadi kempis.

Pemilik juga harus melakukan rutinitas untuk menghidupkan Vespa matik kurang lebih 10-15 menit.

Jika memiliki charger portable otomatis maka akan lebih praktis dan bisa dipasang pada aki skuter, atau bisa mencopot kabel positif pada aki dengan obeng plus agar mudah jika ingin digunakan kembali.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa – Bali, bukan berarti jadi alasan bagi para pemilik kendaraan untuk malas merawat Vespa matik kesayangannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News