Tips Bagi Penderita Jantung Tetap Sehat Selama Perjalanan Mudik

Tips Bagi Penderita Jantung Tetap Sehat Selama Perjalanan Mudik
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, dr Rio Probo Kaneko, Sp.JP, FIHA. Foto: ANTARA/Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, dr Rio Probo Kaneko, Sp.JP, FIHA berbagi tips bagi penderita jantung tetap menjaga kondisi kesehatan selama perjalanan mudik.

“Ada sejumlah tips mudik bagi penderita jantung. Pertama tetap mengonsumsi obat jantung sesuai dengan dosis dan waktu yang dianjurkan oleh dokter spesialis jantung,” kata dokter Rio di Purwokerto, Banyumas, seperti dilansir Antara, Minggu (24/4/2020).

Selain itu, kata dia, perlu beristirahat yang cukup dan tidak melakukan aktivitas yang berlebih selama mudik agar kesehatan jantung tetap terjaga.

“Hindari stres dan emosi selama melakukan perjalanan mudik,” katanya.

Dokter yang praktik di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto itu menambahkan bila merasakan adanya keluhan jantung atau kondisi penyakit jantung mengalami pemberatan, segera pergi ke IGD, fasilitas kesehatan atau hubungi dokter segera untuk mendapatkan penanganan.

“Jangan lupakan kebutuhan cairan saat berpuasa, dianjurkan konsumsi sebanyak delapan gelas air per hari yang dibagi saat sahur dan setelah berbuka,” kata dokter Rio.

Dokter Rio Probo Kaneko menambahkan penderita penyakit jantung juga perlu menghindari konsumsi minuman, seperti kopi dan minuman bersoda saat berbuka puasa, karena dapat mengakibatkan sulit tidur, sehingga kurang istirahat di malam hari dan menyebabkan penimbunan lemak pada tubuh.

“Sebaiknya perbanyak air putih menjelang perjalanan mudik agar kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik," katanya.

Dokter Spesialis Jantung & pembuluh darah, dokter Rio Probo berbagi tips bagi penderita jantung tetap menjaga kondisi kesehatan selama perjalanan mudik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News