Tips dari Ahli Kesehatan Agar Liburan Lebaran Nyaman dan Aman dari Covid-19

Tips dari Ahli Kesehatan Agar Liburan Lebaran Nyaman dan Aman dari Covid-19
Masyarakat sebaiknya membawa bekal makanan sendiri jika berencana melakukan wisata saat libur Lebaran. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala unit gawat darurat RSUD Matraman dokter Tiur Situmorang mengatakan masyarakat yang tidak mudik ke kampung halaman dan berencana berwisata menghabiskan liburan diminta untuk tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

Mereka pun bisa membawa bekal sendiri sebagai alternatif untuk menghindari risiko penularan virus yang terjadi ketika makan di restoran.

"Kita bisa bawa makan dan minuman, jadi kalo di ruang terbuka kita bisa makan di sana, kalau bisa kita menjauh dari kerumunan," kata dia di Jakarta, Rabu (12/5).

Selain itu, Tiur menyebut pilihan lainnya bila tidak ada tempat yang betul-betul sepi ialah menyantap bekal di dalam kendaraan pribadi bila memungkinkan.

"Makan kan pasti lepas masker tuh, ya sudah makan saja di dalam mobil, dan tetap makan makanan yang bergizi, minum vitamin dan jaga kesehatan," lanjut Tiur.

Menurutnya di tengah pandemi belum ada tempat yang betul-betul 100 persen aman, apalagi saat libur biasanya terjadi lonjakan jumlah wisatawan.

Namun bila tetap ingin berwisata, dia mengingatkan untuk senantiasa menerapkan 5M, yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Membatasi Mobilitas.

Pentingnya menerapkan protokol kesehatan ditegaskan juga oleh Ketua Tim Pedoman dan Protokol dari Tim Mitigasi PB Ikatan Dokter Indonesia Dr dr Eka Ginanjar,SpPD -KKV, FINASIM, MARS.

Masyarakat sebaiknya membawa bekal makanan sendiri jika berencana melakukan wisata saat libur Lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News