Tips Menghadapi Cicilan Rumah yang Kian Mahal di Australia

Tips Menghadapi Cicilan Rumah yang Kian Mahal di Australia
Kebanyakan pemegang kredit rumah yang baru khawatir dengan kemampuan mereka membayar cicilan yang terus meningkat akibat kenaikan suku bunga. (ABC News: John Gunn)

Suku bunga di Australia sudah naik 12 kali sejak Mei tahun lalu, menyebabkan cicilan bagi banyak pemilik rumah semakin tinggi.

Sebagai contoh, jika terjadi dua kali lagi kenaikan suku bunga dari sekarang, maka rata-rata kreditur dengan pinjaman AU$750.000 selama 25 tahun akan membayar biaya tambahan $1.900 per bulan dari cicilannya saat ini.

Berikut beberapa opsi bagi Anda yang terdampak kenaikan pembayaran cicilan rumah akibat kenaikan suku bunga:

Kapan harus meminta bantuan?

Pesan dari pihak bank hingga konselor keuangan adalah hubungi bank sedini mungkin.

Jika Anda belum membayar cicilan, belum akan ada tanda terhadap skor kredit, sehingga lebih banyak fleksibilitas dalam hal opsi yang tersedia.

Ini saat yang tepat mencoba mendapatkan kesepakatan pembayaran cicilan yang lebih baik, misalnya meminta suku bunga yang lebih rendah kepada bank saat ini atau melakukan 'refinancing' (pembiayaan kembali) dengan lembaga pemberi pinjaman lain.

"Sebelum berada pada titik di mana Anda tak dapat melakukan pembayaran kembali ... Anda perlu mempertimbangkan opsi pembiayaan kembali," kata April Blair dari lembaga Australian Financial Complaints Authority (AFCA).

Jika sudah mencoba dan gagal melakukan 'refinancing', serta kesulitan membayar cicilan, tandanya Anda harus segera mengambil keputusan.

Sejak Mei tahun lalu, kenaikan suku bunga di Australia sudah terjadi 12 kali, menyebabkan cicilan rumah makin mahal

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News