Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa
Ilustrasi: pixabay

jpnn.com - BAU mulut saat puasa memang sudah biasa, apalagi di bulan Ramadan. Namun andai itu menjadi masalah dan membuat orang lain tidak nyaman, naaah ini ada pembahasannya.

Pada saat Anda berpuasa maka Anda ada makanan maupun minuman yang masuk sehingga membuat mulut kering karena kurangnya cairan ludah atau saliva. Ya iyalaah..

Nah, kurangnya cairan ludah di dalam mulut ini bisa membuat bakteri berkembang lebih cepat sehingga bisa menimbulkan bau mulut. 

Jadi apa yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan bau mulut sementara berpuasa? Berikut adalah beberapa tips praktis, seperti dilansir laman islamgreatreligion, Senin (6/6). (fny/jpnn)

1. Bersihkan lidah Anda
Bukan dengan kuas kaleeei. Tetapi dengan pengikis lidah khusus. Membersihkan lidah dua kali sehari dengan lembut adalah cara yang paling efektif untuk menjaga bau mulut tetap terkontrol, menyeka mereka dari bakteri biofilm dan lendir. Meminta dokter gigi Anda untuk merekomendasikan scraper cocok untuk lidah Anda.

2. Sikat gigi secara teratur
Sikat gigi secara teratur setidaknya empat menit dua kali sehari. Ketika menyikat, Anda harus membersihkan gigi dan gusi, membersihkan bahkan lebih teliti setelah makan atau minum produk susu, ikan dan daging terutama saat sahur.

3. Floss
Flossing harus dilaksanakan setiap hari dan memilih benang yang diberi wewangian sehingga Anda bisa mendeteksi daerah-daerah antara gigi Anda yang memberikan bau dan membersihkan mereka lebih hati-hati.

4. Miswak
Orang yang berpuasa harus menggunakan miswak sepanjang hari. The miswak (Miswaak, siwak, Sewak) adalah ranting yang membersihkan gigi yang terbuat dari ranting dari pohon Salvadora persic, juga dikenal sebagai pohon arak (atau pohon Peelu). 

BAU mulut saat puasa memang sudah biasa, apalagi di bulan Ramadan. Namun andai itu menjadi masalah dan membuat orang lain tidak nyaman, naaah ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News