Tips Mudah Merawat Mobil Listrik

Tips Mudah Merawat Mobil Listrik
Ilustrasi logo Hyundai IONIQ Electric. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - KARENA semakin banyak orang yang secara serius mempertimbangkan untuk beralih ke kendaraan listrik, mungkin Anda juga telah memikirkan apakah itu pilihan yang tepat untuk keluarga.

General Manager Service PT Hyundai Motors Indonesia, Putra Samiaji, mengatakan, kendaraan listrik memang masih memerlukan perawatan berkala, tetapi tak sesering mobil dengan bensin.

" Untuk EV tentu masih butuh servis berkala. Namun uniknya, karena komponen yang berputar sedikit di EV, jadi perputaran berkalanya efisien dan murah," kata Putra melalui diskusi daring, Rabu (6/11).

Putra menyarankan, perawatan atau servis untuk mobil listrik biasanya dilakukan dengan interval setelah mobil mencapai 15 ribu km atau sudah digunakan selama satu tahun.

" Interval perawatan biasanya setelah mencapai 15 ribu km atau sudah dipakai setahun, dan cuma sekali (servis)," jelas Putra.

" Yang rutin diganti hanya AC filter saja, terkait sirkulasi udara kabin," tambah Putra.

" Lalu biasanya fluida seperti baterai cooler (pendingin baterai) diganti tiap (sudah mencapai) 60 ribu km, serta jangan lupa untuk mengecek rem dan olinya," imbuhnya.

Bicara tentang oli, Putra mengatakan mobil listrik seperti Hyundai IONIQ dan Kona Electric tidak memiliki mesin yang terus berputar.

Kendaraan listrik memang masih memerlukan perawatan berkala tetapi tidak sesering mobil dengan bensin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News