Tips Sehat Selama Liburan

Tips Sehat Selama Liburan
Tips Sehat Selama Liburan

LIBURAN  telah tiba, sebagian tetap berlibur dirumah sebagian keluar rumah mencari suasana baru untuk menghilangkan kejenuhan hidup di kota besar.
---------------
Ari Fahrial Syam, MD.PhD,FACP*
--------------
Liburan saat ini akan terjadi bersamaan antara liburan kerja dan libur sekolah. Liburan musti dimanfaatkan untuk kita lebih sehat bukan sebaliknya pasca liburan malah jatuh sakit.

Buat yang masih sekolah dan kuliah, liburan merupakan waktu yang tepat untuk beristirahat dari beban sekolah atau kuliah yang banyak setiap harinya. Begitu juga beban kemacetan saat berangkat dan pulang sekolah.

Oleh karena itu liburan mustinya membuat kita dapat rileks dan terhindar dari berbagai permasalahan sehari-hari. Sehingga tubuh kita tetap selalu sehat. Karena dengan rileks, tingkat stress berkurang tubuh juga menjadi lebih sehat.

Tetapi masalahnya kita pun harus waspada bahwa aktivitas liburan dapat membuat kita menjadi tidak sehat. Kecapean atau kelelahan saat berlibur menjadi alasan kenapa seseorang menemui dokter sepulang dari liburan.
 
You are what you eat

Gangguan pencernaan bisa terjadi pasca liburan antara lain karena sakit maagnya kambuh atau mengalami diare. Selama liburan sebagian dari kita tidak terlalu peduli dengan makanan atau minuman yang kita konsumsi. Pasien dengan diare datang setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Selain faktor kebersihan makanan kita juga harus memperhatikan kualitas dari makanan yang akan dikonsumsi. Pasien umumnya bisa memastikan bahwa kenapa mereka menjadi diare. Karena biasanya, timbulnya diare setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Makanan yang bisa mencetuskan terjadinya diare antara lain makanan yang mengandung sea food atau makanan pedas. Kita tahu bahwa umumnya sea food di simpan dalam ice box atau kulkas. Masalah timbul jika sea food tidak tersimpan dalam kondisi dingin/beku.

Hal ini akan menyebabkan kondisi sea food tersebut mudah menjadi rusak. Diare terjadi biasanya dalam waktu 6-8 jam setelah mengonsumsi sea food. Makanan yang pedas juga mencetuskan terjadi diare, ada satu pasien yang bercerita bahwa diare beberapa jam setelah mengonsumsi rujak bebek yang pedas (rujak tumbuk).

LIBURAN  telah tiba, sebagian tetap berlibur dirumah sebagian keluar rumah mencari suasana baru untuk menghilangkan kejenuhan hidup di kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News