Tjahjo Siap Kena Tegur Jokowi soal Pj Gubernur dari Polri

Tjahjo Siap Kena Tegur Jokowi soal Pj Gubernur dari Polri
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku telah melaporkan polemik tentang penunjukan perwira tinggi (pati) Polri sebagai penjabat (Pj) gubernur di provinsi yang menggelar pilkada kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto.

Menutur Tjahjo, kini persoalan itu ditangani langsung oleh Wiranto. “Masalah ini diambil alih oleh Pak Menkopolhukam,” ujar Tjahjo di Jakarta, Selasa (30/1).

Tjahjo bahkan merasa perlu minta maaf ke Wiranto karena rencananya menunjuk dua pati Polri berpangkat inspektur jenderal sebagai Pj gubernur Sumatera Utara dan Jawa Barat telah memicu polemik. Namun, Tjahjo menegaskan dirinya tetap mengacu pada aturan dan mekanisme yang berlaku.

“Saya juga menyampaikan maaf kalau sampai terjadi opini begini. Tapi kami mengusulkan semua tetap sesuai dengan mekanisme,” ucapnya.

Mantan sekretaris jenderal PDI Perjuangan itu menambahkan, Wiranto dalam waktu dekat akan melaporkan persoalan usulan pengangkatan penjabat gubernur kepada Presiden Joko Widodo. Karena itu, Tjahjo mengaku siap kena tegur jika ternyata keputusannya membuat Jokowi tak berkenan.

“Saya siap diberi sanksi teguran dari Bapak Presiden. Tapi yang saya laksanakan sesuai aturan dan mekanisme,” katanya.

Seperti diketahui, dua pati Polri yang akan diusulkan sebagai Pj gubernur adalah Asisten Operasi Kapolri Irjen M Iriawan dan Kadv Propam Polri Irjen Martuani Sormin. Iriawan akan ditempatkan sebagai Pj gubernur Jabar, sedangkan Martuani bakal menempati posisi Pj gubernur Sumut.(gir/jpnn)


Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku telah melaporkan polemik tentang penunjukan perwira tinggi Polri sebagai penjabat (Pj) gubernur kepada Menkopolhukam Wiranto.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News