TNI AL akan Meresmikan KRI Bung Karno-369 pada 1 Juni

TNI AL akan Meresmikan KRI Bung Karno-369 pada 1 Juni
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di Detasemen Markas (Denma) Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (31/5/2023). ANTARA/Fath Putra Mulya

jpnn.com - JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut akan meresmikan KRI Bung Karno-369 di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta.

Peresmian itu akan dilakukan pada Kamis 1 Juni 2023, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila dan bulan kelahiran Presiden Pertama RI Soekarno alias Bung Karno.

"Besok, tanggal 1 Juni, akan diresmikan di-delivery di Kolinlamil," kata Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali di Detasemen Markas (Denma) Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (31/5).

Laksamana Muhammad Ali menambahkan bahwa selain sebagai korvet, kapal ini juga akan dijadikan kapal kepresidenan.

"Jadi, fungsinya ada dua, selain sebagai kapal korvet, dia (KRI Bung Karno) juga sebagai kapal kepresidenan," ungkapnya. 

Laksamana Muhammad Ali menyatakan bahwa KRI Bung Karno-369 merupakan kapal berjenis krovet yang murni buatan dalam negeri.

"Buatan dari putra putri terbaik dari bangsa kita ini. Jadi, bangsa kita ternyata sudah bisa membuat kapal jenis korvet untuk menjadi kapal protokoler untuk kepresidenan," katanya.

Dia menyebut bahwa KRI Bung Karno-369 akan menggantikan kapal kepresidenan yang lama, yakni KRI Barakuda.

TNI AL akan meresmikan KRI Bung Karno-369 Kamis 1 Juni 2024, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila dan bulan kelahiran Presiden Pertama RI Soekarno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News