Tok! The Fed Lagi-Lagi Genjot Suku Bunga 75 Bps, Jadi Sebegini

Tok! The Fed Lagi-Lagi Genjot Suku Bunga 75 Bps, Jadi Sebegini
Ketua Fed Jerome Powell memperkirakan akan ada kenaikan suku bunga yang luar biasa besar pada pertemuan berikutnya karena pasar tenaga kerja yang sangat ketat dan inflasi yang tinggi. Foto: ANTARA/REUTERS/Elizabeth Frantz

jpnn.com, JAKARTA - Bank sentral AS atau Federal Reserve AS kembali menaikkan suku bunga 75 basis poin beruntun pada Rabu (2/11).

Dilansir dari Antara, kenaikan suku bunga The Fed merupakan yang keenam oleh Federal Reserve pada tahun 2022 dan kenaikan 0,75 poin persentase keempat berturut-turut.

The Fed memutuskan menaikkan suku bunga di tengah inflasi terburuk dalam empat dekade.

Selain itu, bank sentral menaikkan suku bunga pinjaman jangka pendek sebesar 75 basis poin ke kisaran 3,75 hingga 4,00 persen, level tertinggi sejak Januari 2008.

Bank sentral dalam sebuah pernyataannya menyatakan akan memperhitungkan pengetatan kumulatif kebijakan moneter, kelambatan yang mempengaruhi aktivitas ekonomi dan inflasi, dan perkembangan ekonomi dan keuangan.

Kenaikan suku bunga diperkirakan akan mengurangi dompet konsumen, membuatnya lebih mahal bagi orang Amerika untuk melunasi utang atau mendapatkan hipotek (KPR).

Indeks harga konsumen yang diamati secara luas menunjukkan pada September bahwa inflasi turun sedikit menjadi 8,2 persen pada skala tahunan, tetapi naik sebesar 0,4 persen pada bulan ke bulan.

Di sisi lain, ada seruan dari anggota parlemen meningkat agar bank sentral menghentikan kenaikan suku bunganya, karena para kritikus khawatir hal itu dapat memicu ekonomi AS ke dalam resesi.

Bank sentral AS atau Federal Reserve AS kembali menaikkan suku bunga 75 basis poin beruntun pada Rabu (2/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News