Tokoh Pemuda Lintas Agama Bergerak Cepat Merespons Wabah Virus Corona

Keuskupan Agung Palembang Bentuk Crisis Center Covid-19.

Tokoh Pemuda Lintas Agama Bergerak Cepat Merespons Wabah Virus Corona
Sejumlah Tokoh pemuda lintas agama di Provinsi Sumatera Selatan membahas penanganan wabah covid-19 di Palembang, Sabtu (21/3). Foto: Humas Pemuda Katolik Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Wabah virus corona atau Covid-19 yang melanda sejumlah daerah di Indonesia saat ini butuh perhatian dari berbagai elemen masyarakat.

Tokoh pemuda lintas agama yakni Pemuda Katolik Sumsel, Pemuda Katolik Palembang, GP Ansor, Perwakilan Yayasan Pendidikan Katolik dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Palembang, pada Sabtu (21/3/2020) malam menggelar pertemuan untuk membahas  penanganan wabah covid-19 yang sudah menyebar cukup luas di Indonesia.

Berdasarkan instruksi Presiden RI, Joko widodo yang mengharuskan untuk sementara waktu melakukan semua kegiatan di rumah dan menghindari keramaian demi mencegah penyebaran covid-19.

Martinus Endro selaku Ketua Pemuda Katolik Sumsel mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mengikuti instruksi dari pemerintah. Seperti halnya di Gereja Katolik, menurut Endro seluruh kegiatan yang ada di Gereja Katolik Sumsel saat ini dihentikan sementara.

“Kami di gereja Katolik saat ini menghentikan seluruh kegiatan yang ada di gereja, semua ibadah ditiadakan. Hal ini tentunya untuk menghindari kerumunan massa,” kata Endro, Sabtu (21/3/2020).

Menurut Endro, sejumlah Gereja Katolik sendiri diadakan penyemprotan cairan desinfektan baik sebelum ibadah dan sesudah ibadah. Saat ini juga untuk ibadah sendiri dilakukan secara online atau streaming demi mencegah penyebaran virus covid-19.

"Dengan adanya imbauan terkait covid-19 ini kami melakukan ibadah secara online atau streaming seperti misa online setiap Sabtu dan Minggu," kata Endro.

Selain itu, Endro juga menyamoaikan tentang kesulitan mendapatkan masker serta alat perlindungan diri (APD). Padahal alat seperti ini sangat dibutuhkan terutama untuk tenaga medis yang bekerja di garda terdepan dalam melawan wabah covid-19 ini.

Wabah virus corona atau Covid-19 yang melanda sejumlah daerah di Indonesia saat ini butuh perhatian dari berbagai elemen masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News