Tolong Disimak Baik-baik Penjelasan PB IDI untuk Mencegah Terjangkiti Covid-19

Tolong Disimak Baik-baik Penjelasan PB IDI untuk Mencegah Terjangkiti Covid-19
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Tim Mitigasi Dokter dalam Pandemi COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Ekasakti Octohariyanto menyebut pentingnya menjaga imunitas tetap dalam keadaan baik selama pandemi Covid-19. 

Sebab, kata dia, imunitas kuat menjadi satu di antara cara agar virus tidak mudah masuk ke tubuh seseorang. Selain seseorang perlu juga menerapkan 3M seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak dalam mencegah penularan Covid-19. 

"Di host itu bagaimana kondisi kita, kalau kita sehat, kadar agent atau enviroment akan menyumbang sedikit untuk bisa memengaruhi kita," kata Ekasakti dalam diskusi daring yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia, Jumat (2/10).

Adapun, Ekasakti menggunakan istilah agent sebagai entitas Covid-19. Sementara itu, environment yakni berkaitan dengan kebiasaan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M) berperan dalam mencegah penyebaran virus.

Kemudian istilah host yakni tubuh individu seseorang. Imunitas seseorang sangat berperan dalam mencegah infeksi Covid-19. 

"Kalau kita sakit, imunitas turun, kita stres, aktivitas berkurang, itu akan memudahkan yang namanya agent, mempengaruhi kondisi fisik kita," lanjut dia.

Menurut Ekasakti, imunitas tubuh bisa ditingkatkan dengan konsumsi makanan sesuai porsi. Imunitas kuat tidak diukur berdasarkan banyaknya konsumsi karbohidrat dari seseorang.

"Jadi, ya, cukup nasi dalam porsi dua atau tiga kali sehari dan tidak perlu banyak,” ungkap dia.

PB IDI mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga imunitas untuk mencegah tertularnya Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News