Tolong Disimak! Sekarang Bukan Fase Endemi, tetapi

Tolong Disimak! Sekarang Bukan Fase Endemi, tetapi
Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyebut Indonesia saat ini belum bisa dikatakan berada pada fase endemi dari Covid-19.

Alumnus Universitas Indonesia (UI) itu memakai istilah pandemi yang terkendali menyikapi kondisi Indonesia dalam menanggulangi Covid-19.

"Jadi, tidak bisa bilang sekarang ini pada fase endemi, tetapi, pandemi yang terkendali," ujar Dante saat mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/5).

Dia menyebut angka penularan Covid-19 mengalami penurunan sehingga pihaknya menyebut kondisi Indonesia berada di pandemi yang terkendali.

Selain itu, lanjut Dante, pemerintah mampu memprediksi angka konfirmasi Covid-19 dan kegiatan sosial tidak terdisrupsi sehingga pihaknya mengebut kondisi saat ini bukan ke endemi.

"Jadi, kenapa pandemi terkendali? Sebab, ini tidak menyebabkan disrupsi pada kegiatan sosial masyarakat, angka-angka makin menurun," ujar pria kelahiran Jawa Tengah itu.

Dante berharap penularan Covid-19 di Indonesia bisa terus menurun.

Toh, semua negara sudah melakukan banyak hal demi mewujudkan kekebalan komunal di masyarakat.

Angka penularan Covid-19 mengalami penurunan sehingga pemerintah menyebut kondisi Indonesia berada di pandemi yang terkendali, bukan endemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News