Tolong, TKW Makpiyah Tertahan Selama 11 Tahun di Mesir

Tolong, TKW Makpiyah Tertahan Selama 11 Tahun di Mesir
Keluarga saat menunjukan foto Makpiyah (28) TKW asal Indramayu yang selama 11 tahun tertahan di Mesir. Foto: Antara/SBMI Cabang Indramayu

jpnn.com, JAKARTA - Seorang TKW asal Indonesia bernama Makpiyah (28) dikabarkan masih tertahan di Mesir selama 11 tahun.

Kabar ini disampaikan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) cabang Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang mendapatkan aduan tersebut.

"Dari keterangan keluarga, Makpiyah sudah 11 tahun lebih belum bisa pulang dan tertahan di Mesir," kata Ketua SBMI Cabang Indramayu Juwarih di Indramayu, Senin.

Makpiyah, kata Juwarih, berasal dari Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu. Dia berangkat menjadi TKW pada 2008.

Juwarih mengatakan Makpiyah pada waktu itu berangkat bersama kakak kandungnya yang sudah pulang.

Dari pengakuan keluarga bahwa Makpiyah berangkat bersama Nunung Nuraeni dan direkrut oleh Hayat, sponsor warga Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT) ke Yordania.

Oleh sponsor keduanya didaftarkan ke PT Cemerlang Abadi (CA) Cabang Indramayu di Daerah Krangkeng, kemudian menunggu proses beberapa hari langsung dibawa ke kantor pusat PT CA di Jl. Masjid Al-Mabruq, Condet-Jakarta Timur.

"Hanya menunggu beberapa hari di Jakarta, kedua kakak beradik itu kemudian diberangkatkan ke Yordania sebagai PRT oleh PT Cemerlang Abadi, pada 15 Januari 2008," ujarnya.

TKW Makpiyah sudah bisa diketahui keberadaannya dan majikan yang berada di Mesir sudah melaporkan ke KBRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News