TOP! Bupati Ini Turun Tangan Bersihkan Lingkungan

TOP! Bupati Ini Turun Tangan Bersihkan Lingkungan
Bupati Halmahera Timur (Haltim) Rudy Erawan (tengah) tampak membersihkan sampah di sepanjang pantai desa Sangaji Kecamatan Kota Maba, Halmalera Timur, Provinsi Maluku Utara, Jumat (11/3). FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - TERNATE – Gerhana Matahari Total (GMT) yang menjadi daya tarik wisatawan bagi Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) telah usai. Namun Bupati Haltim, Rudy Erawan, tak ingin kebersihan wilayahnya hanya ada untuk menyambut tamu asing. Ia ingin memberikan contoh langsung, bupati dua periode itu turun tangan langsung membersihkan lingkungan.

Mengenakan pakaian dinas lengkap dengan sepatu kulit pantofelnya, Rudy Erawan tanpa canggung memunguti sampah di sepanjang pantai desa Sangaji Kecamatan Kota Maba. Orang nomor satu di Kabupaten Haltim tersebut menyempatkan diri memimpin Jumat Bersih, Jumat (11/3).

Sampah plastik, pecahan kaca, hingga potongan-potongan kayu yang berhamburan di sepanjang pantai tak luput dari sisiran Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku Utara itu.

“Saya ingin tiap minggu ada kegiatan Jumat Bersih ini agar lingkungan, terutama di pusat Kota Maba, tetap bersih,” tuturnya di sela-sela kerja bakti.

Langkah sang Bupati di bawah terik mentari itu diikuti seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) yang mendampinginya. Begitu pula para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kebetulan berada di situ. Warga pun dengan sendirinya ikut memunguti sampah-sampah untuk dikumpulkan di satu titik. Sekirat dua jam, pantai sepanjang satu kilometer tersebut bebas sampah.

”Bukan hanya pegawai, saya berharap warga juga menyadari pentingnya menjaga lingkungan mereka sendiri,” imbuh Rudy dilansir Malut Post (Grup JPNN).

Warga setempat pun tak lupa memberikan apresiasi pada pemimpin mereka. Rudy, yang memilih memberikan contoh langsung ketimbang memerintah bawahannya, menjadi panutan bagi mereka.

“Pemimpin ya harus memberikan contoh langsung seperti ini. Bukan hanya lewat slogan-slogan saja,” ujar Ongen Yamin, salah satu warga.(ado/kai/fri/jpnn)


TERNATE – Gerhana Matahari Total (GMT) yang menjadi daya tarik wisatawan bagi Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) telah usai. Namun Bupati Haltim,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News