Top, Geopark Merangin Jambi Masuk Warisan Dunia

Top, Geopark Merangin Jambi Masuk Warisan Dunia
Gubernur Jambi Al Haris saat memberikan keterangan terkait geopark Merangin menjadi warisan dunia.(ANTARA/HO/Dikominfo Jambi).

jpnn.com - JAMBI - Geopark Merangin, Jambi, ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) atau warisan dunia.

Penetapan itu dilakukan dalam sidang tahunan UNESCO di Paris, Prancis, Rabu (24/5).

Gubernur Jambi Al Haris seusai menerima pernyataan Geopark Merangin masuk dalam salah satu warisan dunia, langsung memimpin Rapat Koordinasi Promosi Unggulan dan Pelestarian Seni Budaya se-Provinsi Jambi dengan pihak terkait di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Kamis (25/5).

Dalam keterangan resmi yang diberikan Diskominfo Jambi, disebutkan terdapat 18 geopark baru yang ditetapkan sebagai UGG atau warisan dunia.

Sebanyak empat di antaranya adalah geopark yang berada di Indonesia, yaitu Geopark Ijen, Maros Pangkep, Raja Ampat dan Geopark Merangin.

Setelah Geopark Merangin ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada 1 Maret 2022 lalu, Pemprov Jambi terus berupaya maksimal melakukan pembenahan tata kelola, baik penataan di lapangan maupun dari sisi dokumen supaya memperoleh sertifikat pengakuan UGG.

Hal tersebut terlihat dari keinginan sangat kuat dan perjuangan gigih dari Gubernur Jambi Al Haris, yang terus berupaya memperjuangkan agar memperoleh pengakuan dari UNESCO.

Berkat tekad dan keinginan sangat kuat, serta perjuangan gigih dari Al Haris, akhirnya Geopark Merangin ditetapkan menjadi salah satu warisan dunia pada Rabu (24/5).

Berkat tekad dan keinginan kuat serta perjuangan gigih dari Gubernur Jambi Al Haris, Geopark Merangin ditetapkan menjadi salah satu warisan dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News